Lomba Cerdas Cermat

LOMBA CERDAS CERMAT
Peraturan lomba cerdas cermat   :
       Lomba Cerdas Cermat dibagi menjadi 4 babak   :
v  Babak Penyisihan yang terdiri dari :
1.      Pertanyaan Maru Batsu
Peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir, dan mengangkat jawaban maru jika benar, atau mengangkat jawaban batsu jika salah. Peserta dilarang menurunkan atau mengganti papan maru batsu sebelum jawaban di slide keluar. Jawaban benar mendapat nilai 10 jika salah tidak dikurangi. Peserta yang terlambat menjawab dianggap tidak menjawab. Pertanyaan dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia.
        
2.      Amplop.
      Setiap tim memilih amplop yang berisi 3 pertanyaan yang harus dijawab. Jika jawaban benar, mendapat nilai 10 jika salah tidak dikurangi dan pertanyaan tidak dilempar kepada peserta lain.

◘ Dalam babak pertama ada 8 kali pertandingan, 5 tim bertanding bergiliran setiap babak. terdapat 8kali pertandingan maru batsu dan 40 soal amplop.
◘ 1babak maru batsu ada 5 soal terdiri dari goi, ippan, moji,  bunpo, bunka.
◘ 1 amplop terdapat 3 pertanyaan moji, goi, bunpo.

v  Babak perempat final yang terdiri dari :
1.Pertanyaan Maru Batsu yang ketentuannya sama dengan babak pertama.
2.      Pilihan Kotak
Dalam setiap kotak terdapat 16 kotak kecil (16 soal) yang dapat dipilih untuk pertama kali oleh peserta dengan poin terbanyak dalam babak maru batsu. Nilai yang didapat disesuaikan dengan bobot soal yang dipilih yang berkisar antara 100-150 poin. Jika peserta yang memilih tidak bisa menjawab, maka dilemparkan pada peserta lain yang secara berebut tanpa ada pengurangan nilai. Peserta yang bisa menjawab diperbolehkan memilih soal selanjutnyauntuk kelompok yang sama maksimal 3x berturut-turut.
Selanjutnya diberlakukan system rebutan untuk menentukan pemilih soal selanjutnya.
◘ Dalam babak kedua ada 4kali pertandingan. 4 tim bertanding bergiliran setiap babak. terdapat 4kali pertandingan maru batsu dan 4 kali pertandingan pilihan tabel/kotak.
◘ 1babak maru batsu ada 5 soal terdiri dari goi, ippan, moji, bunpo, bunka.
◘ 1 kotak terdiri dari 16 soal goi, ippan, bunpo, moji, bunka, gesture.
v  Babak semi final yang terdiri dari :
1.      Soal Maru Batsu dengan ketentuan sama seperti babak pertama. Soal benar bernilai 10 poin, Akan tetapi apabila salah menjawab akan dikurangi 5 poin.
2.Pilihan Kotak yang ketentuan umumnya sama dengan pilihan kotak pada babak  perempat final, hanya jenis soal dan nilainya yang berbeda. Nilai untuk babak ini berkisar antara 100-200 poin. Dan apabila peserta salah menjawab akan dikurangi 50 poin, penambahan dan pengurangan berlaku untuk sesi utama dan sesi lemparan.
3.      Acak Kata
      Terdapat  sekumpulan kata yang harus disusun menjadi sebuah kalimat. Terdiri dari 5 soal yang akan direbutkan oleh semua peserta. Peserta diberikan waktu 10 detik untuk berpikir sebelum diperbolehkan memencet bel. Jika jawaban benar peserta mendapat nilai 100, jika salah dikurangi 50 dan pertanyaan ini tidak dilempar.

◘ Dalam babak semi final ada 2kali pertandingan. 4 tim bertanding bergiliran setiap babak. terdapat 2kali pertandingan maru batsu, 2 kali pertandingan pilihan tabel/kotak, dan 2 kali pertandingan acak kata.
◘ 1 babak maru batsu ada10 soal terdiri dari goi, ippan, moji, bunpo, bunka.
◘ 1kotak terdiri dari  15soal terdiri dari bunpo, bunka, ippan, moji, gesture, shugaku.
◘ 1 kali pertandingan acak kata berisi 5 soal untuk direbutkan. Dalam acak kata kemungkinan jawaban lebih dari satu, keputusan benar atau salah ada di tangan juri.

v  Babak final yang terdiri dari :
1.      Soal Maru Batsu dengan ketentuan umum sama dengan babak-babak sebelumnya, Soal benar bernilai 10 poin, Akan tetapi apabila salah menjawab akan dikurangi 5 poin.
2.      Pilihan Kotak
jenis soalnya tersembunyi. Peserta harus memilih nomor kotak tanpa tahu jenis soalnya. Jumlah soal keseluruhan adalah 28 soal. Nilai dalam kotak berkisar antara 100-250 poin. Ketentuan umumnya sama dengan babak sebelumnya hanya saja, peserta yang tidak bisa menjawab poinnya dikurangi sebesar poin yang dipilihnya. penambahan dan pengurangan berlaku untuk sesi utama dan sesi lemparan.
3.      Soal rebutan
Terdiri dari 15soal campuran (ippan, bunka, bunpo, goi, moji, shugaku), jawaban benar bernilai 200poin, apabila salah dikurangi 100poin, poin lemparan utuh. Dan jika peserta tidak menjawab maka tidak ada pengurangan nilai. Kata yang pertama di sebut, di anggap sebagai jawaban.

◘ Dalam babak final hanya ada 1 kali pertandingan. 4 tim bertanding hanya dalam 1 babak. terdapat 1kali pertandingan maru batsu, 1kali pertandingan pilihan tabel/kotak , dan 1kali pertandingan rebutan.
◘ 1 babak maru batsu ada11 soal terdiri dari goi, ippan, moji, bunpo, bunka, shugaku.
◘ 1kotak terdiri dari  28soal terdiri dari bunpo, bunka, ippan, moji, goi, gesture,
   shugaku, dokkai.
◘ 1babak rebutan Terdiri dari 15soal campuran (ippan, bunka, bunpo, goi, moji,
   shugaku)
◘ Seluruh pertanyaan akan diberikan 60% dalam bahasa Jepang dan 40% dalam bahasa
   Indonesia.
◘ Bagi para peserta yang memiliki nilai sama, maka akan diberikan 1 pertanyaan
   tambahan, dan harus dijawab secara berebut.
◘ Dalam sesi pertanyaan berebut, sebelum menjawab, peserta diharuskan memencet bel
   yang sudah disiapkan oleh panitia, dan tidak diperbolehkan untuk menjawab
   pertanyaan tersebut sebelum nama sekolahnya dipanggil.

Ketentuan umum.
a.       Penonton atau supporter dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta. Jika demikian, maka nilai peserta dari sekolah tersebut akan dikurangi 100 poin.
b.      Sebelum pertandingan dimulai, peserta diharuskan mempersiapkan diri dalam waktu 15 menit. Jika setelah 15 menit tersebut peserta belum datang, maka akan dipanggil 3 kali oleh MC, dan jika dengan 3 kali panggilan tersebut peserta tidak hadir juga, maka secara otomatis akan didiskualifikasi.
c.       Untuk jawaban yang ditulis, peserta diharuskan menuliskannya dengan huruf yang besar dan jelas di atas kertas yang telah disediakan oleh panitia.
d.      Untuk pertanyaan Maru Batsu, peserta diharuskan mengangkat jawabannya setelah instruksi dari para juri, dan bagi yang terlambat mengangkat jawabannya, maka tidak akan diperkenankan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
e.       Babak pertama berjumlah 40tim yang akan di saring menjadi 20tim untuk babak kedua.
f.       Babak kedua berjumlah 20tim yang akan di saring menjadi 8tim untuk babak ketiga
g.       Babak ketiga berjumlah 8 tim yang akan di saring lagi menjadi 4tim untuk kefinal
h.      Babak final terdiri dari 4tim, yang nantinya langsung ditentukan juara 1,2,3,dan harapan.
i.        Baik peserta maupun suporter harus mematuhi seluruh peraturan yang ditulis di atas.

1 komentar: